TAKSONOMI RANAH KOMPETENSI TINGKAT SMK


Bismillahirrohmannirrohim…Pertama-tama penulis ucapkan terimakasih kepada yang telah memberikan sarannya untuk bisa menstransfer file-file tentang dunia pendidikan tidak hanya pada tingkat SMP, melainkan semua tingkat di dalam dunia pendidikan, dan kali ini penulis mencoba merilis tentang Taksonomi Ranah Kompetensi untuk Tingkat SMK, kita tahu bahwa kompetensi adalah seperangkat sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh Peserta Didik setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran, menamatkan suatu program, atau menyelesaikan satuan pendidikan tertentu. Adapun acuan atau ciri dari kompetensi tercapai adalah  Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) diantaranya adalah :

1.  Kemampuan yang dapat diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan Kompetensi Dasar pada Kompetensi Inti 1 dan Kompetensi Inti 2; dan

2.  Kemampuan yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan Kompetensi Dasar pada Kompetensi Inti 3 dan Kompetensi Inti 4

Dalam Taksonomi dapat dimaknai sebagai seperangkat prinsip klasifikasi atau struktur dan kategori ranah kemampuan tentang perilaku peserta didik yang terbagi ke dalam ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pembagian taksonomi hasil belajar dilakukan untuk mengukur perubahan perilaku peserta didik selama proses belajar sampai pada pencapaian hasil belajar (untuk pencapaian kompetensi lulusan) yang dirumuskan dalam aspek perilaku (behaviour).

Klasifikasi perilaku hasil belajar berdasarkan taksonomi Bloom disempurnakan oleh Anderson dan Krathwohl dikelompokan menjadi: (1) Sikap (affective) yaitu perilaku, emosi dan perasaan dalam bersikap dan merasa, (2) Pengetahuan (cognitive) yaitu kapabilitas intelektual dalam bentuk pengetahuan atau berpikir, (3) Keterampilan (psychomotor) yaitu keterampilan manual atau motorik dalam bentuk melakukan.

DIMENSI PROSES KOGNITIF
C1; mengingat (remember), mengingat kembali pengetahuan dari memorinya.
C2; memahami (understand), mengkonstruksi makna dari pesan baik secara lisan, tulisan, dan grafis.
C3; menerapkan (apply), penggunaan prosedur dalam situasi yang diberikan atau situasi baru.
C4; menganalisis (analyse), penguraian materi ke dalam bagian-bagian dan bagaimana bagian-bagian itu saling berhubungan satu sama lain dalam keseluruhan struktur.
C5; mengevaluasi (evaluate) membuat keputusan berdasarkan kriteria dan standar.
C6; mengkreasi (create) menempatkan elemen-elemen secara bersamaan ke dalam bentuk modifikasi atau mengorganisasi elemen-elemen ke dalam pola baru (struktur baru).

DIMENSI PENGETAHUAN

Pengetahuan faktual; pengetahuan terminologi atau pengetahuan detail yang spesifik dan elemen.

Pengetahuan konseptual; pengetahuan yang lebih kompleks berbentuk klasifikasi, kategori, prinsip dan generalisasi.

Pengetahuan prosedural; pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu.

Pengetahuan metakognitif; pengetahuan tentang kognisi (mengetahui dan memahami) yang merupakan tindakan atas dasar suatu pemahaman, meliputi kesadaran dan pengendalian berpikir serta penetapan keputusan tentang sesuatu.

Untuk lebih jelasnya tentang taksonomi kompotensi tersebut bagi yang sedang membutuhkan silahkan download link di bawah ini, semoga bisa bermanfaat. Aamiinn


Download Taksonomi Ranah Kompetensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

29 JUDUL PTK GURU PKN TERBARU DAN LENGKAP ! DOWNLOAD PTK GURU PKN GRATIS !

Cara Menganalisis Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

JASA PEMBUATAN PTK GURU