PTK PROGRAM TINDAK LANJUT EDS


Bismillahirrohmannirohim…Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk selalu eksis untuk memberikan file-file sekitar dunia pendidikan, sholawat serta salam marilah kita selalu curahkan kepada junjungan Nabi kita Nabi Besar Muhammad SAW berserta para pengikutnya hingga akhir jaman.

Program Evaluasi Diri Sekolah (EDS) merupakan program yang wajib dilakukan setiap lembaga sekolah, yang terdiri dari 8 standar, diantaranya Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengolahan, Standar Pembiayaan dan Standar Penilaian Pendidikan. Dalam setiap standar tentunya ada berbagai pengembangan, salah satu contohnya Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP, Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran, Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa.

Dari 8 standar tersebut tentunya harus ada Program Tindak Lanjut di dalam pembuatan EDS tersebut, hal ini sering kali sekolah-sekolah jarang membuatnya, sehingga banyak program-program yang tujuannya tidak tercapai, dengan demikian seorang pengawas sekolah seharusnya memberikan pencerahan kepada sekolah-sekolah agar bisa membuat Program Tindak Lanjut dalam pembuatan EDS.

Salah satu contoh dalam pembuatan Program Tindak Lanjut EDS pada Standar Isi dalam pokok permasalahan diantaranya : 1. Kurikulum Sekolah  kami berusaha mengikuti Standar Isi, standar kompetensi, dan panduan KTSP. 2. Struktur kurikulum sekolah kami tidak mengalokasikan waktu yang cukup bagi  peserta didik  agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya. 3. Program remedial dan pengayaan belum pernah dilaksanakan. 2. Sebagian besar (sekitar 70%) peserta didik kami tidak termotivasi untuk belajar dan tidak tertarik pada pelajaran yang diajarkan.  4 Sekolah kami menawarkan beberapa mata pelajaran tambahan tetapi kami masih harus mempertimbangkan karakter daerah dan kebutuhan masyarakat dalam perencanaan kami.

Adapun untuk Rencana Tindakan yang dilakukan adalah : 1. Menyusun Dokumen Kurikulum yang sesuai dengan panduan dari BSNP. 2. Menyusun jadwal program remidiasi dan pengayaan. 3. Meningkatkan motivasi belajar siswa. 4. Meninjau ulang mata pelajaran Muatan Lokal.

Sedangkan untuk hasil yang di capai diantaranya : 1.  Sekolah memiliki Dokumen Kurikulum yang sesuai dengan panduan dari BSNP.  2. Tersusunnya jadwal program remidiasi dan pengayaan. 3. Motivasi belajar siswa meningkat. 4. Tersedianya mata pelajaran muatan lokal yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Untuk lebih jelasnya tentang Program Tindak Lanjut EDS, bagi yang sedang membutuhkan silahkan download link di bawah ini, semoga bermanfaat.

Download Program Tindak Lanjut EDS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

29 JUDUL PTK GURU PKN TERBARU DAN LENGKAP ! DOWNLOAD PTK GURU PKN GRATIS !

Cara Menganalisis Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

JASA PEMBUATAN PTK GURU