PTK TIK KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2019/2020



Bismillahirohmannirohim, pada kesempatan kali ini marilah kita tundukan kepala sejenak untuk selalu menyadari bahwa begitu banyak nikmat dari Allah SWT yang diberikan kepada kita semua, maka dari itu pandai-pandailah kita untuk selalu bersyukur atas segala apa yang di berikan Allah SWT kepada kita semua, sholawat serta salam senantiasa kita selalu panjatkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.

Simpang siur sistem pendidikan membuat kita sebagai seorang guru/pendidik di bikin bingung apa yang harus kita lakukan, dengan di berlakukannya kurikulum 2013 mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diganti dengan Prakarya. Waktu terus berjalan dan pelatihan-pelatihan kurikulum 2013 pun selalu berjalan, namun ditengah perjalanan yang belum begitu matang kini harus berhadapan tentang dilema pembelajaran, khususnya di Tingkat SMP tentang lika-liku mata pelajaran TIK dan Prakarya. Berbagai desakan dari kalangan pendidik untuk dikembalikannya pelajaran TIK menuai hasil meskipun berganti nama dengan Teknik Informatika, namun hal ini juga masih dalam jenjang uji coba, karena bagi sekolah-sekolah yang tidak ada guru yang linier dengan bidang teknik informatika masih disarankan untuk Prakarya.

Meski demikian, walaupun mata pelajaran Teknik Informatika sudah hadir ditengah-tengah dunia pendidikan, ada hal kecil yang masih menjadi ganjalan khususnya bagi rekan-rekan guru yang mengajar TIK atau Teknik Informatika. Ini dibuktikan dengan adanya bukti di lapangan, sebagian ada yang mengatakan bahwa “bagi sekolah yang sudah ada guru teknik informatikanya, sarana dan prasarana sudah memadai dan sudah bersertifikasi boleh diterapkan mata pelajaran Teknik Informatika”, namun bagi sekolah-sekolah yang hanya memiliki guru teknik informatika namun belum sertifikasi hanya bisa menerapkan mata pelajaran TIK atau Prakarya.

Mata pelajaran Teknik Informatika sendiri pernah diungkapan oleh Kepala Bidang Kurikulum Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Sri Hidayati, ada empat aspek muatan dalam mata pelajaran informatika. Keempatnya ialah TIK, berpikir komputasional, bidang keilmuan informatika, dan praktik lintas bidang. Ada pula sejumlah poin yang harus dicakup dalam mata pelajaran informatika, antara lain dampak sosial informatika, teknik komputer, dan analisis data.” Agar terlaksana dengan baik, kurikulum tidak bisa dipandang secara parsial, harus dilihat sebagai sebuah entitas. Ada beragam dimensi dalam sebuah kurikulum, seperti ide, dokumen, desain, hingga implementasi,”

Dari beberapa informasi yang penulis dapatkan dari berbagai sekolah, akhirnya penulis mencoba berbagi kembali tentang administrasi pembelajaran mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk tahun 2019/2020. Adapun file-file administrasi pembelajaran tersebut, bagi Bapak/Ibu guru yang membutuhkan silahkan download link di bawah ini, semoga bisa bermanfaat…..aamiinn

Download Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2019/2020

Download Program Tahunan TIK Kelas VII Tahun Pelajaran 2019/2020

Download Program Semester TIK Kelas VII Tahun Pelajaran 2019/2020

Download Pemetaan Standar Kompetensi TIK Kelas VII Tahun Pelajaran 2019/2020

Download RPP TIKKelas VII  Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2019/2020

Download Silabus TIK Kelas VII Tahun Pelajaran 2019/2020

Download KKM TIK Kelas VII Tahun Pelajaran 2019/2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

29 JUDUL PTK GURU PKN TERBARU DAN LENGKAP ! DOWNLOAD PTK GURU PKN GRATIS !

Cara Menganalisis Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

JASA PEMBUATAN PTK GURU