KEMBALINYA MATA PELAJARAN TIK MENJADI INFORMATIKA KURTILAS TINGKAT SMP/MTs

Alhmadulillah puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat kepada penulis, sehingga penulis masih bisa sharing di BLOG PRAKARYA INDRAMAYU ini. Sejak kehadiran Kurikulum 2013 mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk tingkat SMP/MTs sudah terkubur dalam-dalam dan berganti dengan Mata Pelajaran Prakarya, mesti banyak bertentangan dengan realita yang ada dilapangan, namun materi TIK tetap di abaikan, berkat perjuangan guru-guru TIK untuk tetap berusaha agar TIK dimasukan kedalam mata pelajaran lagi, akhirnya menuai hasil yang sangat memuaskan, dan sekarang sudah mulai ada pengakuan dari pemerintah bahwa TIK sangat penting dalam dunia pendidikan dan sekarang mata pelajaran TIK berganti nama dengan Informatika. Tim penyusun buku informatika dari Ikatan Guru TIK PGRI siap berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. Kawan kawan dari siberkreasi sangat membantu kami dari Ikatan Guru TIK PGRI dalam mengembangkan materi informatika agar mudah dipahami siswa.

Informatika (Inggris: Informatics) merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari sekadar sistem informasi berbasis komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer.

Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika.

Dalam Pemahaman di Teknik informatika mempunyai aspek kedisiplinan dalam menguasai bidang ilmu informatika yang cukup luas. Informatika dalam prospek ke depan dalam dunia pekerjaan masa depan karena informatika berada dalam segala bidang ilmu membutuhkan sentuhan ahli dari ilmu informatika.

Dengan diadakannya kembali mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang berganti nama dengan INFORMATIKA diharapkan dunia pendidikan di Indonesia semakin maju dan berkembang lebih baik lagi. Dan pada kesempatan ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU berbagi file tentang materi Informatika yang terbaru agar materi Informatika bisa diketahui oleh semua guru, khususnya guru-guru yang mengajar informatika. Dan bagi yang membutuhkan file-file tentang mata pelajaran Informatika tersebut, silahkan download link di bawah ini dan semoga bermanfaat...aammiinn.


DOWNLOAD BAB. 1 PERANGKAT INFORMATIKA

DOWNLOAD BAB. 2 MENGOPERASIKAN KOMPUTER

DOWNLOAD BAB. 3 APLIKASI PENGOLAHAN ANGKA

DOWNLOAD BAB. 4 BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL SEDERHANA

DOWNLOAD BAB. 5 KOLABORASI DALAM MASYARAKAT DIGITAL

DOWNLOAD BAB. 6 MEMBUAT PROYEK KONTEN DIGITAL

DOWNLOAD KI _ KD INFORMATIKA SMP KELAS 7

DOWNLOAD SILABUS INFORMATIKA KELAS 7 SMP

DOWNLOAD BUKU INFORMATIKA KELAS 7 SMP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

29 JUDUL PTK GURU PKN TERBARU DAN LENGKAP ! DOWNLOAD PTK GURU PKN GRATIS !

Cara Menganalisis Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

JASA PEMBUATAN PTK GURU