PTK Bahasa Indonesia K13

PTK Bahasa Indonesia K13


a. Tema
Tema adalah pokok permasalahan yang terdapat dalam bacaan dan menjadi dasar sebuah karangan.
Tema tersebut bisa disimpulkan dalam sebuah kalimat atau sebuah paragraf dan menjiwai seluruh isi karangan. Tema sebuah karangan dapat di dirumuskan dalam sebuah kalimat utama. 

Tema yang mendasari suatu karangan tadi, akan terserap atau meresap ke dalam pikiran pembaca berupa sari atau makna keseluruhan karangan setelah membaca karangan tersebut secara keseluruhan. 

b.Judul 
Memberikan judul bacaan berarti memberikan nama atas bacaan tersebut. Pemberian judul harus mempertimbangkan isi bacaan. Syarat sebuah judul: 

  • menggambarkan isi
  • menarik 
  • provokatif 
  • singkat (berbentuk frase
  • mudah diingat 
  • spesifik, dan 
  • logis 
KOHERENSI PARAGRAF 
Paragraf yang baik memperlihatkan unsur kepaduan, yakni kalimat-kalimatnya berkaitan satu dengan yang lain. Kepaduan terlihat melalui penyusunan kalimat secara logis dan pemakaian kata penghubung antar kalimat. Dalam paragraf yang demikian tidak ada kalimat yang keluar dari pokok permasalahan atau tidak ada kalimat sumbang.

Contoh:
Sebuah hipotesis dikemungkakan oleh peneliti dari Harvard School of Public Medicine (HSPH), yakni seseorang yang memiliki IQ rendah berpeluang mengalami gangguan mental lebih tinggi dimasa dewasanya nanti. Hipotesis ini mendasari penelitian yang dilakukan selama lebih dari tiga dekade. Hasilnya menunjukan anak-anak yang memiliki IQ rendah menunjukan peningkatan risiko gangguan mental saat dewasa, seperti  schizophrenia, depresi, dan gangguan kecemasan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

29 JUDUL PTK GURU PKN TERBARU DAN LENGKAP ! DOWNLOAD PTK GURU PKN GRATIS !

Cara Menganalisis Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

JASA PEMBUATAN PTK GURU