BANK SOAL LATIHAN USBN PRAKARYA



Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, pada sesi penulisan kali ini penulis BLOG RAKARYA INDRAMAYU mencoba berbagi tentang sola-soal latiahan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tentang mata pelajaran Prakarya. Pembelajaran dan penilaian hasil belajar merupakan komponen esensial dalam implementasi Kurikulum 2013. Keberhasilan pembelajaran dapat diketahui melalui penilaian. Hasil penilaian juga digunakan untuk menyempurnakan pembelajaran. Keterpaduan dan kefektivan pembelajaran dan penilaian sangat besar pengaruhnya dalam keberhasilan implementasi Kurikulum 2013.

Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik berfungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dilaksanakan untuk memenuhi fungsi formatif dan sumatif dalam penilaian. Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi, menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi, menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi, dan memperbaiki proses pembelajaran.

Berdasarkan fungsinya Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik meliputi: formatif, dan sumatif. Fungsi Formatif digunakan untuk memperbaiki kekurangan hasil belajar peserta didik dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada setiap kegiatan penilaian selama proses pembelajaran dalam satu semester, sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013

Kita tahu bahwasannya Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di buat oleh Tim MGMP Kabupaten/Kota masing-masing, USBN termasuk kedalam penilaian Assessment of learning yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai. Proses pembelajaran selesai tidak selalu terjadi di akhir tahun atau di akhir peserta didik menyelesaikan pendidikan pada jenjang tertentu.

Setiap pendidik melakukan penilaian yang dimaksudkan untuk memberikan pengakuan terhadap pencapaian hasil belajar setelah proses pembelajaran selesai, oleh karena itu materi untuk USBN harus menginduk pada materi-materi sebelumnya diantaranya materi dari kelas Tujuh (VII), kelas delapan (VIII) dan kelas sembilan (IX). Oleh karena itu kita sebagai seorang pendidik harus menyelesaikan semua KD yang ada pada materi-materi tersebut.

Dalam penyusunan soal USBN sendiri harus menginduk pada kisi-kisi USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.Kisi-kisi USBN memuat level kognitif dan lingkup materi. Dan dalam hal ini penulis hanya memberikan sedikit gambaran tentang soal-soal USBN dan bagi yang ingin dijadikan sebagai bahan latihan untuk peserta didik silahkan download link di bawah ini, dan semoga bisa bermanfaat...aamminn

Download Soal Latihan USBN Prakarya Terbaru

Komentar

Postingan populer dari blog ini

29 JUDUL PTK GURU PKN TERBARU DAN LENGKAP ! DOWNLOAD PTK GURU PKN GRATIS !

Cara Menganalisis Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

JASA PEMBUATAN PTK GURU