DOWNLOAD PTS PENGAWAS

DOWNLOAD PTS PENGAWAS


Teknik penilaian sikap dilakukan oleh semua guru mata pelajaran dan wali kelas dapat berupa observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman. Penilaian diri merupakan bagian penunjang dalam teknik penilaian sikap. Dimana penilaian ini dilakukan minimal 1 kali dalam 1 semester.

Penilaian diri
Penilaian diri dilakukan dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam berperilaku. Selain itu, penilaian diri juga dapat digunakan untuk membentuk sikap peserta didik terhadap mata pelajaran. Hasil penilaian diri peserta didik dapat digunakan sebagai data konfirmasi. Penilaian diri dapat memberi dampak positif terhadap perkembangan kepribadian peserta didik, antara lain:
  • Dapat menumbuhkan rasa percaya diri, karena diberi kepercayaan untuk menilai diri sendiri;
  • Peserta didik menyadari kekuatan dan kelemahan dirinya, karena ketika melakukan penilaian harus melakukan introspeksi terhadap kekuatan dan kelemahan yang dimiliki;
  • Dapat mendorong, membiasakan, dan melatih peserta didik untuk berbuat jujur, karena dituntut untuk jujur dan objektif dalam melakukan penilaian; dan
  • Membentuk sikap terhadap mata pelajaran/pengetahuan

Instrumen yang digunakan untuk penilaian diri berupa lembar penilaian diri yang dirumuskan secara sederhana, namun jelas dan tidak bermakna ganda, dengan bahasa lugas yang dapat dipahami peserta didik, dan menggunakan format sederhana yang mudah diisi peserta didik. Lembar penilaian diri dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menunjukkan sikap peserta didik dalam situasi yang nyata/sebenarnya, bermakna, dan mengarahkan peserta didik mengidentifikasi kekuatan atau kelemahannya. Hal ini untuk menghilangkan kecenderungan peserta didik menilai dirinya secara subjektif. Penilaian diri oleh peserta didik dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut:
  • Menjelaskan kepada peserta didik tujuan penilaian diri.
  • Menentukan indikator yang akan dinilai.
  • Menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan.
  • Merumuskan format penilaian, berupa daftar cek (check list) atau skala penilaian (rating scale), atau dalam bentuk esai untuk mendorong peserta didik mengenali diri dan potensinya.

Contoh Lembar Penilaian Diri menggunakan daftar cek (check listpada kegiatan kelompok

Nama: ...........
Kelas/Semester: ....../.........

Petunjuk:
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda cek (√) pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.

No
Pernyataan
Ya
Tidak

Selama kegiatan kelompok, saya:


1
Mengusulkan ide kepada kelompok


2
Sibuk mengerjakan tugas saya sendiri


3
Tidak berani bertanya karena malu ditertawakan


4
Menertawakan pendapat teman


5
Aktif mengajukan pertanyaan dengan sopan


6
Melaksakan kesepakatan kelompok, meskipun tidak sesuai dengan pendapat saya



Penilaian diri tidak hanya digunakan untuk menilai sikap spiritual dan sosial, tetapi dapat juga digunakan untuk menilai sikap terhadap pengetahuan dan keterampilan serta kesulitan belajar peserta didik.

Sumber: 

Lampiran Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5162 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar Pada MTs



Komentar

Postingan populer dari blog ini

29 JUDUL PTK GURU PKN TERBARU DAN LENGKAP ! DOWNLOAD PTK GURU PKN GRATIS !

Cara Menganalisis Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

JASA PEMBUATAN PTK GURU