Langkah Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Menurut Kemendikbud 2016

Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 yang diterapkan sekarang ini adalah Pendekatan Saintifik.
Mengacu pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud 2016) ada lima langkanh dalam pendekatan saintifik: mengamati, menanyakan, mengasosiasikan, mengumpulkan data, dan mengkomunikasikannya. 

1. Mengamati
Kegiatan ini merupakan proses mengidentifikasi berbagai hal melalui indra penglihatan, pendengaran, penciuman maupun indra perasa. Kegiatan ini dapat berupa membaca, menyimak, menganalisis baik menggunakan alat bantu atau tidak. Hasil dari kegiatan ini dapat berupa siswa dapat mengidentifikasi masalah. 

2. Menanyakan
Pada kegiatan menanya, siswa diharapkan mampu mengungkapkan pertanyaan terhadap suatu objek, peristiwa atau proses tertentu baik secara lisan maupun tulisan kepada guru atau sumber lain. Hasil dari kegiatan ini siswa diharapkan mampu merumuskan hipotesis. 
  
3. Mengumpulkan Data
Mengkomunikasika data yaitu siswa mencari informasi sebagai bahan untuk dianalisis dan simpulkan. Kegiatan dapat berupa membaca berbagai sumber, wawancara, membuat kuisioner. Hasil dari kegiatan ini siswa dapat menguji hipotesis. 

4. Mengasosiasikan
Kegiatan mengasosiasikan artinya siswa mengolah data dalam bentuk kegiatan fisik atau pikiran dengan peralatan tertentu. Hal ini dapat berupa membuat tabel, grafik, bagan, menghitung atau pemodelan. Kemudian membandingkan hasilnya dengan teori sehingga dapat ditarik kesimpulan, prinsip, atau konsep penting. Hasil dari kegiatan ini siswa diharapkan mampu  menyimpulkan hasil kajian dari hipotesis. 

5. Mengkomunikasikan 
Mengkomunikasikan maksudnya mampu menyajikan, mendeskripsikan temuan yang mereka peroleh dari kegiatan-kegiatan di atas kepada orang lain baik secara lisan maupun tulisan dalam bentuk diagram, bagan, gambar atau bentukl lain dengan bantuan perangkat teknologi sederhana. Hasil dari kegiatan ini adalah siswa dapat memfomulasikan dan mempertanggungjawabkan pembuktian hipotesis, 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

29 JUDUL PTK GURU PKN TERBARU DAN LENGKAP ! DOWNLOAD PTK GURU PKN GRATIS !

Cara Menganalisis Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

JASA PEMBUATAN PTK GURU