Analisis Langkah Pembelajaran Kurikulum 2013

Analisis Langkah Pembelajaran pada Kurikulum 2013



Kompetensi Dasar
Indikator
Tujuan
Materi
Metode
Tahapan Belajar
Media
Penilaian
3.1
Mengidentifikasi informasi dalam 
teks deskripsi tentang objek
(sekolah, tempat wisata,  tempat
bersejarah, dan atau suasana
pentas seni daerah) yang
didengar dan dibaca.
3.1.1 Membedakan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar
(C2)

3.1.2 Menjabarkan ciri teks deskripsi dari aspek
kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
(C2)

3.1.3 Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang
dibaca/didengar.
(C3)
1.Peserta didik dapat membedakan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar

2.Peserta didik dapat menjabarkan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/ dengar


3.Peserta didik dapat menentukan jenis teks deskripsi yang dibaca/ didengar
a.Pengertian teks deskripsi

b.Ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan teks deskripsi

c.Ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan

d.Jenis teks deskripsi
Metodediscovery learning : Saintifik
a.  Stimulasi
1. Peserta didik mengamati penggambaran suatu objek melalui video “Embung Langgeran”
2. Peserta didik membaca dan mengamati teks deskripsi berjudul “Parangtritis Nan Indah” (Mengamati)

b. Problem statement
1. Berdasarkan teks deskripsi berjudul “Parangtritis Nan Indah”Peserta didik merumuskan pertanyaan pertanyaan-pertanyaan mengenai ciri teks deskripsi (Menanya)
Pertanyaan yang diharapkan muncul yaitu:
a. Apa yang dimaksud dengan teks deskripsi?
b.  Apa yang menjadi objek teks deskripsi?
c. Apa tujuan penulisan teks deskripsi?
d. Apa saja ciri teks deskripsi?
e. Bagaimana ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks deskripsi?
f.  Apa saja jenis-jenis teks deskripsi berdasarkan isinya?

c.Pengumpulan data
1. Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang Peserta didik.

2. Peserta didik diminta mengidentifikasi ciri teks, tujuan teks serta aspek kebahasaan teks deskripsi yang berjudul “Si Bagas, Kelinciku” dan “Detektif di Sebuah Kafe”.

3. Di dalam kelompok, Peserta didik membagi anggota menjadi anggota ahli ciri umum teks deskripsi, ahli tujuan teks deskripsi, ahli aspek kebahasaan teks, dan ahli jenis teks deskripsi.

4. Peserta didik berkumpul bersama kelompok ahlinya untuk menemukan ciri umum teks deskripsi, tujuan teks deskripsi, aspek kebahasaan teks deskripsi, dan jenis teks deskripsi.

5. Peserta didik mengonsultasikan hasil diskusinya bersama kelompok ahli kepada guru.

d. Data Processing
1. Peserta didik menuliskan informasi yang diperolehnya mengenai ciri umum teks deskripsi, tujuan teks deskripsi, aspek kebahasaan teks deskripsi, dan jenis teks deskripsi di dalam sebuah kertas yang sudah dibentuk.

2. Peserta didik menempelkan hasil diskusi yang telah ditulisnya pada kertas asturo yang telah disediakan guru.

e.Verification/Pembuktian
1. Peserta didik kembali ke kelompok asal.

2. Peserta didik secara bergantian menjelaskan ciri umum teks deskripsi, tujuan teks deskripsi, aspek kebahasaan teks deskripsi, dan jenis teks deskripsi.
Peserta didik mengerjakan LKS yang telah disediakan guru.

fGeneralization
1. Peserta didik bersama-sama dengan Guru menarik kesimpulan dari pembelajaran   yang sudah dilakukan.
1. Video
2.LKPD
Sikap

Tertulis (soal)
4.1
Menentukan  isi teks  deskripsi  
objek (tempat wisata,  tempat
bersejarah, suasana pentas seni
daerah, dll)  yang didengar dan
dibaca.
4.1.1 Menganalisis isi teks deskripsi (topik dan bagian-
bagiannya)
(C4)

4.1.2 Merumuskan jawaban pertanyaan isi teks deskripsi
(C6)
1.Peserta didik dapat menganalisis isi teks deskripsi


2.Peserta didik dapat merumuskan jawaban pertanyaan isi teks deskripsi
a.Pengembangan isi teks deskripsi
Metode project based learning
  
a. Menen-tukan Permasalahan

1. Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri  dari 5 orang Peserta didik.

2. Salah satu perwakilan kelompok diminta untuk mengambil  satu lembar kertas origami yang disediakan guru. Kertas origami tersebut berisi teka teki yang mengarah pada suatu objek.

3. Peserta didik mengamati dan mencoba menebak objek apa yang dimaksud dalam teka-teki tersebut. (Mengamati)

b. Desain Perencanaan

1. Peserta didik menebak petunjuk/teka teki yang Ia terima.

2. Peserta didik diberi teks deskripsi yang berbeda-beda setiap kelompok. Isi teks deskripsi yang diterima setiap   kelompok sesuai dengan petunjuk yang tertulis dalam kertas origami yang telah diterimanya.

c. Penyu-sunan Proyek

1. Peserta didik membuat rincian isi teks deskripsi yang diterimanya.

d. Pengu-jian Hasil

1. Peserta didik menampilkan isi teks deskripsi yang dibacanya di depan kelas secara individu.

e. Mengevaluasi Pengalaman

1. Peserta didik dibantu guru menganalisis dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan, apakah Peserta didik ssudah berhasil menganalisis isi teks atau belum.
1.Teks
2. LKPD
Sikap


Tertulis
(soal)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

29 JUDUL PTK GURU PKN TERBARU DAN LENGKAP ! DOWNLOAD PTK GURU PKN GRATIS !

Cara Menganalisis Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

JASA PEMBUATAN PTK GURU