PTK Materi Qur'an Hadist MTs - Kaitan dan Penerapan Kandungan QS Al-Qariah dan Al Zalzalah (Hukum Penomena Alam)


Keterkaitan Isi Kandungan Surat Al-Qari’ah Dan Al-Zalzalah

Isi kandungan  Surat Al-Qari’ah mempunyai hubungan yang sangat erat dengan surat Al-Zalzalah. keterkaitan kedua surat tersebut antara lain :
  • Dari segi bahasa, al-Qoriah berarti bahaya besar dan al-zalzalah berarti guncangan besar, pada hakikatnya lafal al-qoriah dan al-zalzalah memiliki arti yang sama.
  • Pada surat alqoriah ayat ke 5 dinyatakan bahwa gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan , pada surat al-zalzalah ayat 1 dan 2 dinyatakan bahwa bumi diguncangkan dengan dahsyat, sehingga mengeluarkan beban berat yang dikandungnya. Dari ketiga ayat tersebut dapat kita melihat keterkaitan bahwa berhamburannya gunung-gunung dan keluarnya beban berat bumi adalah karena adanya guncangan yang hebat. Itlah yang disebut dengan peristiwa kiamat.
  • Pada surat al-qoriah ayat 4 dinyatakan bahwa pada hari kiamat manusia seperti laron yang berterbangan . pada surat al-zalzalah dinyatakan bahwa dengan adanya fenomena alam yang luar biasa it manusia bertanya “apa yang terjadi pada bumi ini”? kedua ayat tersebut menggambarkan betapa paniknya manusia menyaksikan fenomena alam saat itu. pada saat itu manusia kebingungan, ketakutan, tidak tahu apa yang hars dilakukan dan tidak tahu tempat berlindung.
  • Pada surat al-qoriah ayat 6-9 dijelaskan bahwa orang yang berat timbangan baiknya akan hidup senang disurga, sebaliknya orang yang ringan timbangan amal baiknya akan ditempatkan dineraka hawiyah. Pada surat al-zalzalah ayat 7-8 diterangkan bahwa orang yang beramal baik walapun seberat zarrah akan menerima balasannya, begitpun dengan orang yang beramal buruk

Menerapkan Isi Kandungan Surat Al-Qari’ah Dan Al-Zalzalah
Setelah mengetahi isi kandungan surat  Al-Qari’ah Dan Al-Zalzalah, maka sebagai umat Islam kita perlu mempersiapkan diri menghadapi peristiwa tersebut, yang harus kita lakukan dalam persiapan tersebut adalah :
  1. Menyakini dengan sepenuh hati bahwa alam semesta ciptaan Allah SWT, dan Dia pula yang mengatur segala-galanya
  2. Semua fenomena alam yang terjadi, mutlak atas kuasa dan kehendak Allah SWT
  3. Menyakini bahwa alam ini akan mengalami kehancuran, yang berarti hidup di dunia tidaklah kekal
  4. Menyakini dengan sepenuh hati bahwa amal manusia akan dipertanggung jawabkan dimata Allah SWT
  5. Selalu menjaga diri dengan bergaul bersama orang-orang shaleh dan menjauhi diri dari orang-orang yang biasa berbuat maksiat
  6. Berusaha dengan sungguh-sungguh untuk menjalankan ajaran agama sesuai petunjuk Rasulullah SAW
  7. Berusaha meningkatkan amal kebaikan dan menjauhi perbuatan yang dilarang agama
  8. Berdo’a kepada Allah SWT agar tidak bertemu dengan kejadian hari kiamat.
Setelah kita mampu menerapkan isi kandungan Al-Qari’ah Dan Al-Zalzalah dalam kehidpan sehari-hari, maka dampak positif yang akan kita peroleh adalah :
  1. Memperoleh petujuk hidup yang benar sesuai dengan yang dikehendaki Allah sehingga tidak menyesal karena amal yang dilakukan selama hidup didunia.
  2. Dapat mempersiapkan diri menghadapi kehidupan diakhirat yang lebih baik
  3. Merasakan ketenangan karena semuanya akan diperlakkan adil dihadapan Allah SWT.
  4. Lebih mantap dalam beramal karena yakin akan mendapatkan balasan dari Allah SWT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

29 JUDUL PTK GURU PKN TERBARU DAN LENGKAP ! DOWNLOAD PTK GURU PKN GRATIS !

Cara Menganalisis Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

JASA PEMBUATAN PTK GURU