Tiga Siswa Suku Anak Dalam Jambi Ikut UN SMP


Tiga siswa anak Suku Anak Dalam (SAD) Jambi mengikuti UN tingkat SMP. Total anak SAD yang sekolah yaitu 48 orang.

Tiga anak itu adalah Jeni Andi Saputra, Supirni Joni Rekjon serta Rahmad Sugianto yang rata-rata berusia 16 tahun. Ketiganya merupakan rombongan Ngilo, rombongan Sikab dan rombongan Ganta di Pamenang, Merangin, Jambi. Mereka menjalanai UN di SMPN 11 Kabupaten Merangin, Jambi.

"Biasanya anak rimba atau Suku Anak Dalam itu dikenal sangat tertutup dan terkendala dengan mental. Namun kini dengan perkembangan zaman, serta adanya pendampingan dari kita, ketiga anak rimba itu akhirnya dapat mengikuti ujian nasional tingkat SMP,'' ujar Koordinator pendiidikan SSS Pundi Sumatera, Dewi kepada detikcom, Selasa (24/4/2018)

Menurut Dewi, ketiganya tidak mengalami kesulitan dalam menjalani ujian. Sebab, sebelumnya ketiga anak rimba tersebut telah diberikan pendidikan formal terlebih dahulu. Apalagi berbagai kebutuhan sekolah mulai dari buku, pakaian seragam, sepatu hingga peralatan ujian juga telah diberikan terhadap ketiganya.

"Kebutuhan sekolah itu merupakan beasiswa yang kita berikan kepada mereka, agar mereka tidak merasa terkucilkan dari anak-anak pada umumnya," katanya.


Dari 48 SAD yang kini telah diberikan pendampingan pendidikan formal, 5 di antaranya juga akan mengikuti UN tingkat SD yang jatuh pada tanggal 15-17 Mei mendatang.

Dari catatan Dinas Sosial Merangin Jambi, sebanyak 1.294 jiwa SAD tersebar di sepanjang lintas tengah Sumatera. Keberadaan orang rimba tersebut terjepit seiring dengan laju penurunan tutupan hutan. 

Apalagi banyak dari pola pikir orang rimba itu berfikiran primitif serta merasa pendidikan bukanlah segalanya. Berburu hewan di hutan menjadi salah satu pekerjaan mereka demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Maka dari itu, kita berharap dengan banyaknya orang yang peduli dengan SAD, maka semakin cepat perubahan pola pikir, pengakuan, penerimaan, kesetaraan, interaksi dan kepedulian terhadap mereka," ujar Direktur SSS Pundi Sumatera M. Sutono. 


Sumber: https://news.detik.com/berita/d-3987336/tiga-siswa-suku-anak-dalam-jambi-ikut-un-smp?_ga=2.192961902.219403341.1524628746-442358203.1506326221

Komentar

Postingan populer dari blog ini

29 JUDUL PTK GURU PKN TERBARU DAN LENGKAP ! DOWNLOAD PTK GURU PKN GRATIS !

Cara Menganalisis Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

JASA PEMBUATAN PTK GURU